Sunday 26 December 2010

Apalah arti sebuah nama (mature juga judulnya! :p)

Saya sedikit (atau banyak) mau cerita tentang keluarga saya, tepatnya sih keponakan2 saya. Saya punya tiga keponakan cowo, yang pertama, Abi Rafdi; kedua, Rafael Abrar; ketiga, Uzzam Benami, masing2 umurnya saat ini 5, 3, dan 1. beberapa orang emang nanyain kontrasepsi macam apa yang kakak saya pake sampe dalam waktu 5 taun bisa ampe ada 3 buntutnya, mama saya aja sampe protes karena anaknya terlalu banyak dengan jarak umur yang bener2 deket (anak mama saya sendiri ada 4 , dengan jarak 5 dan 8 tahun). Sebenernya protes mama saya si bukan masalah jarak aja, tapi juga soal nama. Gini, sebagai orang tua yang lahir beberapa dekade sebelum milenium, mama saya berpendapat kalo nama2 keponakan saya tuh terlalu ngga biasa di daerah saya, terlalu wah, terlalu berat atau apalah. Apalagi setelah mama saya tau kalo nama anak ketiga kakak saya itu, Uzzam Benami dari bahasa yahudi (uzzam: Singa, karena zodiak si bayi Leo dan Ben-Ami: anak bangsawan, kalo saya ngga lupa! walaupun kita bukan keturunan bangsawan :p), dengan semangat nya mama saya mengaitkan nama keponakan saya dengan masalah sosial, politik dan agama tentang negara itu (israel), agak keren ya kedengerannya? padahal itu cuman karena mama saya aja yang terlalu naif tentang masalah menamai anak supaya terdengar keren jaman sekarang ini, hehe..
Tapi yang lucu soal si keponakan saya yang terakhir ini adalah, ngga ada satu pun di keluarga saya yang manggil dia pake nama aslinya- yang kata mama saya terlalu wah itu-, Uzzam. Serempak, semua orang 'tanpa disadari' manggil dia dengan nama 'ade bayi', karena waktu dia lahir berwujud bayi (haha, iyalah!), dan karena saat lahir anak kedua kakak saya masih aja dipanggili pake sebutan 'ade Rafa', bahkan sampe sekarang masih di ade-ade in padahal dia sendiri udah punya ade, dan untuk sedikit mengidentitaskan keberadaan bayi terakhir ini diantara kakak-kakaknya makanya dipanggil ade bayi, bahkan sampe namanya (yang wah itu) ketemu. Bukan cuma ade bayi aja panggilannya, papa saya kadang manggil dia 'jibrut' atau bapak nya suka manngil dia 'gemblong' karena badanya yang agak bulat, hehe.. Saya sendiri manggil dia Alibaba, karena pada saat masih milih2 nama, kakak saya sempet ngomong mau namain anak nya peke nama ali, tapi ngga tau ali apa. Saya sama sista' saya punya ide, ali baba, atau ali oncom aja (yang pastinya ngga bakalan pernah dipake sama kakak saya, atau ibu manapun di dunia, hehe..), akhirnya sampe sekarang nama itu masih kebawa jadi nama panggilan saya dan sista' saya ke dia. Dan kadang kita sekeluarga suka ngerasa aneh sendiri kalo ada tetangga yang teriak2an manggil dia 'uzzzaaaammm...'. Sekarang aja kayak nya mama saya udah lupa sama polemik waktu nama anak itu ketemu, 'aduh kenapa bahasa yahudi? kenapa israel? kenapa namanya yang ngga 'biasa aja', ahmad kek', ini, itu.. dan sebagainya, sederhana , karena ngga ada satupun yang manggil dia uzzam, tapi adebayi, bahkan kayanya kalo lama lama dipanggil dengan sebutan adebayi, alibaba, jibrut, atau gemblong, dia bisa lupa juga sama nama super wah dan tidak biasa nya itu, Uzzam Benami, hehehe...


uzzam benami a.k.a ade bayi, gemblong, alibaba

No comments:

Post a Comment